Wednesday, November 11, 2015

8 Buah Yang Aman Dikonsumsi Penderita Diabetes

Diabetes, penyakit yang mungkin namanya sudah tidak asing lagi di telinga, tapi apakah sudah banyak yang tau apa yang menyebabkan seseorang bisa terkenaenyakit diabetes? penyakit ini disebabkan karena kadar gula dalam darah meningkat. Penyakit ini dapat juga menyebabkan beberapa penyakit berbahaya lainnya seperti kerusakan saraf, gagal ginjal, kebutaan, stroke, bahkan hingga serangan jantung. Oleh sebab itu seseorang yang sudah terkena penyakit diabetes harus bisa lebih memperhatikan makanan yang di konsumsinya, dan di harapkan bisa lebih berhati-hati juga menjauhi makanan-makanan yang mengandung tingg8 lemak, kalori, hingga gula. Bahkan hingga buah yang selama ini dianggap rsndah kaloripun bisa jadi membahayakan kesehatan penderita diabetes.

Eits.. Anda yang terkena diabetes gak perlu khawatir
dan bimbang, hehe..
Seperti di lansir dari Merdika.com kamu masih bisa kok makan buah....
Jeng jeng jeng inilah buah-buahan yang diperbolehkan dikonsumsi oleh penderita diabetes.

1. Grapefruit

Sekitar 91% buah ini mengandung air. Naringenin juga terkandung dalam buah ini, naringenin merupakan flavonoid yang dapat meningkatkan sensitivitas tubuh terhadap insulin. Jadi pantas dong buah ini menjadi salah satu contoh buah yang aman dikonsumsi oleh penderita diabetes.

2. Stroberi

Buah yang sarat akan vitamin dan antioksidan inipun dapat mengontrol diabetes dalam tubuh. Anda juga bisa terhindar dari kebiasaan ngemil makanan yang dapat membahayakan kadar gula darah anda, karena buah stroberi mampu menjaga perut agar tetap penuh. Buah stroberi juga mengandung sekitar 92% air.

3. Jeruk

Jeruk mengandung thiamin yang dapat membantu untuk mengontrol kadar gula darah. Bukan itu saja jeruk juga kaya akan serat, tinggi vitamin C, dan juga rendah gula. Sekitar 87% dari buah jeruk mengandung air dan juga memiliki indeks glikemik yang rendah. Sehingga siapa saja bisa mengkonsumsi buah yang satu ini, termasuk anda yang terkena penyakit diabetes.

4. Ceri

Bukan hanya jeruk, di dalam buah ceri juga mengandung kadar glikemik yang rendah. seperti halnya jeruk ceri juga kaya akan vitamin C. Bukan hanya itu, antioksidan, zat besi, beta karoten, kalium, folat, magnesium, dan serat juga terkandung dalam buah ini. Dengan meningkatkan produksi insulin sebanyak 50% buah ini diyakini mampu menurunkan kadar gula darah, karena ceri tinggi akan anthocyanin.

5. Semangka
Seperti 4 buah sebelumnya, semangka juga menjadi salah satu contoh buah yang aman dikonsumsi penderita diabetes, karena semangka mengandung sekitar 92% air. Bukan itu saja, kandungan bete karoten, vitamin B, vitamin C, lycopene, dan potasium sangatlah melimpah dalam buah ini.

6. Apel

Mengkonsumsi sebuah apel setiap hari dapat bermanfaat bagi penderita diabetes untuk mengontrol gula darah, karena buah yang sangat juicy dan tinggi vitamin C, serat larut, serta antioksidan ini, juga mengandung pektin yang dapat membantu untuk menghilangkan racun dari dalam tubuh serta dapat mengurangi kebutuhan insulin hingga 35%.

7. Pir

Buah ini mampu meningkatkan sensitivitas insulin, makanya buah ini dianggap yang paling cocok untuk dikonsumsi penderita diabetes. Jadi anda gak perlu was-was lagi makan buah yang satu ini. Karena bukan itu saja, pir juga berlimpah akan serat dan vitamin yang dapat membantu untuk menjaga kadar gula darah. Buah ini juga mengandung 84% air.

8. Kiwi

Tara ini lah contoh buah yang terakhir yaitu buah kiwi, kenapa harus buah kiwi? Karena buah ini rendah karbohidrat dan kaya serat yang membantu untuk mengurangi kolesterol serta dapat menjaga kadar gula darah. Oleh sebab itu buah menakjubkan ini sangat bermanfaat untuk penderite diabetes.

Sudah tahukan buah apa saja yang gak berbahaya dikonsumsi oleh penderita diabetes. Jadi anda yang menderita penyakit diabetes juga masih bisa mengkonsumsi buah-buahan. Bukan hanya aman untuk menjaga kadar gula darah, buah diatas juga kaya akan vitamin dan mineral yang mampu meningkatkan tubuh penderita diabetes.
Sebaiknya-baiknya kita semua bisa dengan bijak atas apa yang kita konsumsi, mengkonsumsi buah dan makanan lainnya sebaiknya seimbang dan dengan takaran yang cukup.
Semoga bermanfaat!

No comments:

Post a Comment