Tuesday, November 10, 2015

Perbedaan Jus Dengan Smoothies

Apa kalian suka makan buah dan sayur? Rugi deh kalau gak suka makan buah dan sayur, makan buah dan sayur sangat bagus untuk tubuh kita, banyak kasiat yang terdapat dalam buah dan sayur. Sekarang sudah banyak olahan buah dan sayur salah satunya di buat jus dan smoothies.
Pernah dengar kan yang namanya jus dan smoothies? Bukan cuma dengar namanya tapi mengonsumsinya pasti pernah dong.. Tapi apa kalian tahu apa perbedaan jus dengan smoothies?

Terkadang tidak banyak orang yang peduli akan perbedaan jus dan smoothies, karena yang pasti
sama-sama enak bagi yang suka.. Hehe

Karena itulah tidak banyak orang yang tahu perbedaan jus dengan smoothies.

Meskipun sekilas tampak mirip, tapi sebenarnya jus dan smoothies memiliki beberapa perbedaan dan kelebihan serta kekurangan yang mendasar pada masing masingnya.

Ini dia beberapa perbedaannya

1. Cara pembuatannya

Tentu saja cara pembuaatannya menjadi perbedaan yang mendasar dari jus dan smoothies.
Karena biasanya jus dibuat dengan juicer yang dilengkapi ekstraktor atau bisa juga diproses dengan blender biasa tapi kemudian disaring untuk di ambil airnya saja.
Sementara smoothies dibuat dengan memblender beberapa jenis buah dan sayur, tanpa memisahkan air dengan seratnya. Dan terkadang ditambahkan pula susu, atau santan untuk menambah kekentalan.

2. Kandungan yang terdapat pada jus dan smoothies

Pada satu gelas jus mengandung lebih banyak vitamin dan mineral dibandingkan yang terdapat pada satu gelas smoothies, sebab untuk mendapatkan satu gelas jus dibutuhkan lebih banyak buah dan sayur.
Sementara itu, pada smoothies cairan dan serat tidak dipisahkan.
Jadi jika kamu membuat jus dan smoothies dengan jumlah bahan yang sama kamu akan mendapatkan kuantitas yang lebih banyak pada smoothies.

3. Kasiat

Jus memberikan energi instan sementara smoothies memberikan rasa kenyang lebih lama
Kandungan nutrisi yang terdapat dalam jus lebih mudah diserap tubuh, sehingga bisa memberikan tambahan energi instan.
Sementara itu, vitamin dan mineral yang terkandung dalam smoothies lebih lama diproses oleh tubuh. Namun kandungan serat pada smothies yang tinggi berguna untuk memberikan rasa kenyang lebih lama dan dapat menyeimbangkan gula darah.

Selain hal di atas ini dia kekurangan dan kelebihan yang dimiliki jus dan smoothies. Yaitu jus memerlukan lebih banyak bahan, karena seratnya tidak diikutsertakan. Jadi kamu juga perlu merogoh kocek ekstra untuk membeli buah dan sayur setiap hari.
sedangkan untuk smoothies kamu perlu mengonsumsinya dalam kuantitas yang lebih besar untuk mendapatkan nutrisi yang setara dengan segelas jus.

Nah tinggal kamu pilih deh cara mana yang lebih kamu suka, dalam bentuk jus atau smoothies? Dan sebaiknya konsumsilah sesuai dengan kebutuhan.

No comments:

Post a Comment