Tuesday, December 8, 2015

Selain Air Kelapa, Inilah Minuman Penawar Racun Dalam Tubuh Lainnya

Buah kelapa, buah yang sudah tidak asing lagi di telinga kamu. Pohonnya yang di katakan sebagai pohon seribu manfaat, mulai dari akarnya sampai daunnya. Termasuk buahnya ini, mulai yang masih muda sampai yang sudah tua.

Buah yang muda sangat enak jika di jadikan minuman segar, dan yang tua dagingnya bisa di jadikan santan. Ternyata air kelapa muda juga dikatakan bisa menjadi penawar racun dalam tubuh loh. Menurut penelitian yang dilakukan di Nigeria seperti dikutip dari jurnal Nutrifood Research Center menunjukkan bahwa air kelapa dapat meringankan gejala keracunan akibat kloramfenikol, zat antibiotik yang bisa menekan produksi sel darah merah dalam tubuh. Zat ini dengan mudah menyerang kesehatan tubuh kamu, saat kamu mengalami yang namanya keracunan. Selain itu, air kelapa mengandung mineral dan elektrolit yang memiliki sifat isotonis sehingga cocok untuk merehidrasi tubuh. Sebab seperti yang diketahui, keracunan biasanya membuat cairan tubuh hilang, sehingga bisa menyebabkan kamu menderita dehidrasi. Tak hanya itu saja, air kelapa mengandung vitamin C yang baik untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Jika racun sudah menyatu dengan darah, maka air ini akan mengencerkannya sehingga racun akan keluar melalui urin. Selain itu, air kelapa muda juga bisa mengatasi orang yang keracunan karena salah makan atau minum. Biasanya makanan beracun yang masuk ke lambung akan dibilas oleh air ini dan membuat penderita muntah sehingga racun ikut keluar.
Jadi gak heran lagi kan kenapa air kelapa muda dikatakan bisa menjadi penawar racun, dan dianjurkan untuk diminum bagi mereka yang sedang keracunan. Eitss tapi jika kamu ingin mendapatkan manfaat dari air kelapa muda ini, sebaiknya kamu mengkonsumsi air kelapa muda yang diambil dari buah kelapa segar.
Wah... Ternyata bukan hanya air kelapa muda saja loh yang bermanfaat mengusir racun, ada beberapa minuman lain yang memiliki manfaat mengusir racun dalam tubuh juga.
Dan inilah beberapa buah yang juga memiliki manfaat untuk penawar racun dalam tubuh.

1. Air putih

Keracunan menjadi gangguan kesehatan yang tidak terduga. Untuk menghindarinya konsumsilah air putih secara teratur. Dianjurkan untuk minum air putih sebanyak delapan gelas perhari. Menurut pakar kesehatan Dr Poonam Rathod mengatakan, konsumsi air putih secara teratur sesuai kebutuhan tubuh mampu membersihkan sistem pencernaan, serta menghilangkan racun dan sisa-sisa makanan yang menempel di usus. Biasanya sisa-sisa makanan akan menempel pada usus hingga akhirnya mengendap menjadi racun. Air putih berfungsi untuk melarutkan unsur-unsur kimia dan membantu memperbaiki jaringan tubuh dan pertumbuhan. Ini membuat tubuh dan perut bersih dari limbah makanan.
Konsumsilah air putih hangat di pagi hari. Karena segelas air putih hangat setiap pagi ini akan membantu membuang semua racun berbahaya dari tubuh dan juga membersihkan sistem pencernaan.

2. Jus Labu

Tahukan dengan buah atau sayuran yang satu ini? Ternyata selain untuk bahan makanan, labu yang diolah menjadi jus dapat berakhasiat mengeluarkan racun di dalam tubuh. Jus Labu bersifat basa dan banyak mengandung serat sehingga baik untuk meyembuhkan masalah pencernaan. Jus ini baik untuk penderita gangguan pencernaan dan asam lambung karena terjadinya penumpukan racun. Jadi jus labu adalah obat alami yang sangat baik untuk kamu yang menderita masalah pencernaan dan keasaman.

3. Teh hijau

Polyphenol merupakan zat yang menghambat pergerakan glukosa ke dalam sel-sel lemak, dan mencegah mereka memasuki aliran darah. Nah, teh hijau ini membantu meregulasi glukosa dalam darah. Karena teh hijau adalah merupakan antioksidan alami yang mengandung polifenol.

4. Jus jeruk

Seperti yang kita tahu buah jeruk dikenal bisa untuk meningkatkan kekebalan tubuh. Buah sumber vitamin C ini, juga kaya akan flavonoid, antioksidan, yang melindungi sistem kekebalan tubuh manusia dengan bertindak melawan kuman dan bakteri yang menyebabkan penyakit. Sebaiknya minumlah jus jeruk sebelum sarapan pagi, cara ini akan membuat proses detoksifikasi di dalam tubuh berjalan lebih baik, dan kamu bisa merasakan manfaat kesehatannya.

Racun merupakan bahan kimia yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman, atau benda-benda lainnya. Karena zat ini merusak fungsi organ tubuh, jadi tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Jika racun yang masuk dalam jumlah kecil, mungkin saja tidak langsung berdampak bagi tubuh. Namun jika hal ini dibiarkan, racun tersebut akan menumpuk sehingga berpotensi lebih besar menyebabkan penyakit berbahaya. Jadi sebaiknya kelurkanlah racun dalam tubuh sebelum berdampak lebih parah pada tubuh.
Banyak cara untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, salah satunya bisa dengan minuman dia atas tadi. Selain dengan minuman, konsumsi beberapa makanan dan sayuran yaang memiliki khasiat penawar racun pun bisa jadi pilihan. Selain aman dan alami, cara tadi juga gampang untuk dilakukan.

No comments:

Post a Comment