Thursday, November 19, 2015

Olahraga? Inilah Hal Yang Tidak Boleh Kamu Abaikan Setelahnya

Olahraga adalah suatu aktivitas yang baik untuk tubuh, olahraga penting untuk melatih tubuh bukan hanya itu saja olahraga dapat membakar kalori dan juga lemak yang ada dalam tubuh. Lakukanlah olahraga secara teratur dan dengan porsi yang cukup.
Apakah kamu termasuk orang yang suka olahraga, Dan sudah rutinkan kamu berolahraga? Olahraga apa yang kamu suka, apa kamu tahu hal penting yang sebaiknya kamu lakukan setelah olahraga?
Bukan hanya sebelum melakukan olahraga tapi
setelah olahragapun ada ritual yang sebaiknya kamu lakukan. Memang sebagian orang mungkin menganggap gak penting bahkan mengabaikannya. Atau bahkan masih ada yang belum tahu apa yang seharusnya dilakukan setelah olah raga.
Dilansir dari Merdeka.com berikut beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan setelah olahraga ataupun latihan.

1. Cooling-down (pendinginan)

Jika sebelum memulai olahraga kamu dianjurkan melakukam pemanasan terlebih dahulu, nah setelah melakukan olahragapun sebaiknya kamu melakukan pendinginan. Apalagi jika kamu melakukan aktivitas olahraga yang cukup berat, sangat tidak baik jika mengakhirinya tanpa cooling-down. Kenapa harus melakukan cooling-down, apa itu penting? Ini sangat penting agar jantung yang dipicu berdetak dengan cepat tidak menjadi pelan dengan tiba-tiba. Gerakan cooling-down ini sangat mirip dengan gerakan peregangan. Misalnya saja kamu bisa melakukan jogging ringan, berjalan atau bahkan melompat. Berikan gerakan-gerakan ringan sebagai penutupnya.

2. Peregangan

Tidak hanya cooling-down pereganganpun dianjurkan untuk dilakukan. Banyak para ahli menyarankan untuk melakukan peregangan setelah melakukan cooling-down. Karena peregangan dapat mengurangi asam laktat dan membantu kamu untuk bergerak lebih fleksibel dan nyaman. Jika olahraga yang kamu lakukan olahraga ringan, lakukan peregangan yang sederhana saja.

3. Minum air

Sudah tidak asing lagi dan sangat gampang untuk dilakukan, tapi masih banyak juga orang yang mengabaikan hal ini. Apa kamu salah satunya? Rehidrasi dapat menjadi unsur paling penting dari setiap rutinitas yang dilakukan setelah latihan atau olahraga. Saat keringat keluar apalagi sampai bercucuran, kamu membutuhkan asupan air yang cukup untuk menggantinya. Jadi minum air setelah berolahraga sangat penting untuk memenuhi kebutuhan cairan dalam tubuh yang berkurang karena olahraga.

4. Asupan protein

Seperti halnya dengan minum air, kamu juga membutuhkan asupan protein setelah berolahraga. Hal ini bertujuan untuk menyegarkan kembali otot-otot yang bekerja keras selama olahraga. Protein yang dianjurkan berjumlah 20gr. Kamu bisa dapatkan dari makanan-makanan yang mengandung protein, misalnya saja dari dendeng daging sapi, keju, yougurt dll...

5. Mandi dan berganti pakaian

Ini sih mudah kan, Tapi ternyata pada kenyataannya masih banyak orang yang belum sadar kalo sesudah olahraga itu sebaiknya mandi. Mandi dan berganti pakaian bukan hanya untuk menyegarkan diri saja, tapi untuk kebersihan dan kesehatan, karena jika tidak mandi keringat yang dihasilkan dari olahraga tadi akan mengering di tambah lagi baju kamu yang lembap, inilah yang dihawatirkan karena bakteri sangat suka dengan kondisi seperti itu. Jadi apa kamu suka badan kamu di hinggapi bakteri, uh kalo aku gak mau. Jadi, apa salahnya segera mandi membersihkan badan dan berganti pakaian setelah olahraga.

Memang sangat sederhana, tapi sebaiknya tidak di sepelekan. Seperti halnya berolahraga itu sendiri, hal ini juga penting untuk di lakukan. Kadang yang terlihat sepele lebih besar pengaruhnya.
Itulah hal penting setelah olahraga yang sebaiknya tidak boleh diabaikan.

No comments:

Post a Comment