Saturday, November 21, 2015

Bahaya Dari Kurang Tidur

Sudahkah kamu merasa cukup dengan tidur kamu, atau malah selalu kurang? Apa sih yang menyebabkan tidur kamu selalu kurang? Wah kayanya ponsel dan gadget lainnya pengaruh juga nih. Bukan hanya aktivitas seharian yang penuh, kerjaan numpuk atau di kantor lembur sampai larut malam. Tapi di sadari atau tidak gadget yang semakin canggih dan sosmed yang sekarang semakin berhamburan pun bisa jadi penyebabnya. Hehe maklum saya juga kadang ngalamin kaya gitu, terlalu asik dengan aplikasi dan akun-akun sosmed rasa kantuk jadi ilang, lupa waktu dan akhirnya ya gitu deh waktu tidur jadi terpangkas.

Wah ternyata kebiasaan itu salah loh. Sudah banyak penelitian yang menyebutkan bahwa ternyata
kurang tidur dapat membuat tubuh kamu sakit, bukan hanya sakit secara fisik tapi mentalpun bisa sakit. Ih ngeri juga kan.. Tapi penyakit apa saja sih yang bisa hinggap ke badan kamu kalau kurang tidur?
Dilansir dari Merdeka.com, ini dia hal-hal yang bisa terjadi pada tubuh kamu saat kurang tidur.

1. Daya tahan tubuh menurun

Saat anda kekurangan tidur, maka pertahanan tubuh jadi tidak maksimal, kenapa? Karena salah satu cara tubuh dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh ya itu tadi dengan cara tidur. Jangan sepelekan hal ini, karena daya tahan tubuh kamu yang menurun, kamu jadi mudah terserang penyakit.

2. Kesehatan jantung terganggu

Saat kamu kurang tidur jantung kamupun tidak mampu memompa darah dalam jumlah yang normal sehingga akan menyebabkan penyakit jantung. Itulah sebabnya menurut beberapa penelitian kesehatan kurang tidur mampu mengancam kesehatan jantung kamu.

3. Kanker

Hal ini disebabkan karena daya tahan tubuh yang melemah, sehingga produksi sel kankerpun menjadi ganas. Jadi saat kamu kurang tidur maka akan meningkat pula risiko kamu untuk terkena kanker. Wah tambah bahaya aja ya.. Tapi selain harus cukup tidur kamu juga harus memperhatikan hal yang lainnya misalnya apa yang kamu konsumsi. Sepert cemilan yang yang kamu makan misalnya saja 7 Manfaat Sikecil Kuaci salah satunya yaitu tadi, bisa mencegah kanker. Tapi tidur harus tetap diutamakan.

4. Sering bingung

Kurang tidur mampu membuat kemampuan otak menjadi berkurang. Jadi kamu tidak bisa berpikir jernih, dan akhirnya ini bisa mempengaruhi kamu saat beraktivitas. Saat kamu sering merasa bingung ada kemungkinan karena kamu kurang tidur.

5. Pelupa

Ini dia yang berikutnya salah satu dampak buruk dari kurang tidur yaitu pelupa. Saat tubuh kamu merasa kurang tidur, otak kamupun akan menangkap sinyal tersebut. Maka seluruh proses berpikir kamu menjadi kusut. Dan kamupun akan menjadi mudah lupa karena otak kamu tidak mampu berkonsentrasi dan kurang fokus.

6. Menurunkan kemampuan seksual

Bagi kamu pria yang tidurnya suka kurang, ini ternyata berpengaruh pada kemampuanmu di atas ranjang. Menurut beberapa penelitian dikatakan bahwa jika kamu tidur selama lima jam atau bahkan kurang, hormon seks kamu akan menurun sebanyak 10%-15%.

7. Kenaikan berat badan

Untuk kamu yang mendambakan tubuh selalu terhindar dari kegemukan, sebaiknya tidurlah secara teratur dan dengan waktu tidur yang cukup. Sebab saat kamu tidur kurang dari 5 jam sehari. maka akan terjadi kenaikan berat badan dengan cepat. Ih serem ya, ternyata bukan hanya terlalu banyak tidur tapi kurang tidurpun bisa membuat kamu kelebihan berat badan.

8. Diabetes

Tidak hanya mengkonsumsi makanan yang aman untuk diabetes seperti 8 Buah Yang Aman Untuk Penderita Diabetes, tapi itu saja tidak cukup jika kamu kurang tidur . Karena saat kamu kurang tidur tingkat insulin akan meningkat. Itu sebabnya risiko diabetespun akan meningkat.

9. Kehilangan kendali

Kurang tidur dapat membuat kamu menjadi mudah kehilangan kendali, ini di karenakan kurang tidur mampu membuat kamu kurang fokus. Bisa saja ini membuat kamu jadi sering jatuh, menjatuhkan barang yang kamu pegang dengan tidak sengaja, atau bahkan kurang kontrol saat berkendara.

10. Mempengaruhi kecantikan

Setiap wanita ingin selalu terlihat cantik dan juga awet muda. Hmm tapi tidur bisa mempengaruhi kecantikan kamu loh. Hal ini di sebabkan saat kamu kurang tidur garis halus akan mudah muncul pada kulit kamu, bukan hanya garis halus tapi kerutan dan pigmentasi juga. Jadi jika kamu ingin selalu terlihat cantik dan awet muda cobalah selalu tidur dengan cukup.

Usahakan untuk selalu tidur cukup setiap harinya, eitss tapi jagan sampai kebanyakan tidur juga karena itupun tidak baik.

No comments:

Post a Comment