Wednesday, November 18, 2015

Tidur Berlebihan? Inilah Efek Yang Akan Kamu Dapat

Bukan hanya kurang tidur loh bahkan kebanyakan atau berlebihan tidur itu tidak baik buat tubuh. Memang dikala kita selalu ngantuk ingin nya ya selalu tidur. Banyak ahli yang mengatakan bahwa
tidur yang cukup dapat membantu kita menjadi lebih baik. Tapi segala sesuatu yang berlebihan itu memang tidak baik, jika kamu tidur berlebihan banyak efek negatif yang akan terjadi pada tubuh kamu. Seperti lagu "yang sedang-sedang saja" bukan hanya pada lagu tapi tidurpun berlaku, sedang-sedang saja pas tidak kurang dan juga tidak lebih.
Memang seperti sepele tapi bagaimana jika ternyata efeknya jauh lebih berbahaya dari pada yang kamu bayangkan, karena ternyata masih banyak orang yang belum mengetahui bahkan mungkin tidak peduli dengan efek yang di sebabkan kebanyakan tidur.

Seperti yang dilansir dari Merdeka.com - inilah beberapa efek negatif dari berlebihan atau kebanyakan tidur.

1. Meningkatkan risiko depresi

Dalam sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2014, para peneliti menemukan bahwa durasi tidur yang panjang meningkatkan risiko seseorang terkena depresi.
Peserta penelitian yang tidur antara tujuh sampai sembilan jam semalam berpotensi 27% mengalami depresi. Sedangkan orang yang tidur sembilan jam semalam atau lebih memiliki potensi 49% terkena depresi.
Wah ternyata hal sepele sepert tidur saja dapat meningkatkan risiko terkena depresi.

2. Berpotensi merusak otak

Sebuah studi yang dilakukan tahun 2012 menemukan bahwa di antara lansia, tidur terlalu banyak ternyata dapat memperburuk kondisi otak selama enam tahun bukan hanya terlalu banyak tidur hal ini juga berlaku pada yang kurang tidur.
Dan pada wanita yang tidurnya lebih dari sembilan jam setiap malam menunjukan perubahan otak mereka yang disetarakan dengan penuaan selama dua tahun, eitss ini juga terjadi pada wanita yang tidurnya kurang dari lima jam setiap malam. Benarkan yang sedang-sedang saja itu lebih baik, hehe.

3. Berpotensi menyulitkan kehamilan

Tahun 2013 sebuah tim peneliti Korea menganalisa kebiasaan tidur lebih dari 650 wanita yang menjalani program bayi tabung. Mereka menemukan bahwa tingkat kehamilan tertinggi ada pada wanita mendapatkan tidur tujuh sampai delapan jam setiap malam.
Sedangkan tingkat kehamilan terendah ada pada mereka yang mendapatkan tidur sembilan sampai sebelas jam setiap malam. Tetapi, penemuan ini masih belum menemukan alasan hubungan yang jelas antara tidur dengan kehamilan.
Tapi ada baiknya jika kita tidur dengan porsi yang cukup bukan hanya untuk kehamilan saja tapi juga untuk kesehatan yang lainnya.

4. Meningkatkan risiko diabetes

Dalam sebuah penelitain kecil yang dilakukan di Quebec, peneliti menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam setiap malam memiliki dua kali kemungkinan terkena diabetes tipe 2. Hal lain yang bisa terjadi adanya gangguan keseimbangan glukosa selama enam tahun.
Ternyata bukan hanya kekurangan tidur bahkan kelebihan tidurpun bisa meningkatkan risiko diabetes.

5. Menambah berat badan

Sudah tidak asing lagi, hal ini pasti sering kamu dengar bahwa terlalu banyak tidur bisa membuat badan bertambah bobotnya, hehe.
Para peneliti yang sama juga melihat hubungan antara tidur dengan berat badan. Mereka menemukan bahwa orang yang tidur lebih dari delapan jam setiap malam, mendapatkan berat badan yang lebih dalam jangka waktu enam tahun. Bukan hanya kelebihan kurang tidurpun mempunyai efek yang sama.
Orang yang tidur sembilan sampai sepuluh jam semalam memiliki 25% kemungkinan untuk menambah berat badan sebanyak 5kg, bahkan setelah mereka mencoba untuk melakukan diet. Untuk kamu yang lagi mendambakan tubuh yang langsing sebaiknya tidurlah dengan cukup, tidak lebih dan juga tidak kurang.

6. Risiko penyakit jantung

Sama halnya seperti kurang tidur yang berpengaruh pada terganggunya kesehatan jantung, kamu yang kelebihan tidurpun mempunyai potensi yang sama.
Dalam penelitian yang dipresentasikan tahun 2012 dalam pertemuan American College of Cardiology, tidur delapan jam atau lebih setiap malam dikaitkan dengan risiko gangguan kesehatan jantung.
Hal ini disimpulkan dari data yang diperoleh melalui analisis yang dilakukan pada 3.000 orang. Mereka menemukan bahwa tidur yang terlalu lama berpotensi dua kali lebih besar terkena angin duduk (jantung iskemia) dan 1,1 kali risiko penyakit arteri koroner.

7. Peningkatan risiko kematian

Ini dia yang paling menyeramkan dari efek yang ditimbulkan dari kebanyakan tidur.
Dalam review 16 studi yang berbeda tahun 2010, para peneliti menemukan adanya peningkatan risiko kematian lebih cepat pada orang yang mendapatkan tidur lebih lama. Tidur lebih dari delapan jam semalam dikaitkan dengan risiko 1,3 kali lebih besar kematian diantara 1.382.999 orang yang diikutkan dalam penelitian. Wah seram ya, hanya karena kebanyakan tidur bisa membuat seseorang terkena peningkatan risiko tidur selamanya.

Memang sulit dipecaya, hanya karena ingin mendapatkan kepuasan dalam tidur yang dirasa kurang jika di bandingkan dengan aktivitas seharian yang menyita tenaga, ternyata malah berbahaya untuk tubuh. Tak seperti yang hanya di bayangkan saja tapi ternyata kelebihan tidur dapat membuat sesuatu yang menyeramkan. Tetapi bagaimanapun, banyak penelitian yang telah mempelajari hal tersebut. Jadi mulai sekarang apa salahnya mulai mencoba memperbaiki pola tidur yang sehat dengan durasi dan porsi yang pas, tidak kurang juga tidak berlebihan.

No comments:

Post a Comment