Friday, November 20, 2015

Tersedak? Oh No...

Tersedak oh no... Kamu pernah mengalami yang namanya tersedak, apa kamu tahu apa itu tersedak? Jika cuma tersedak waktu makan yang kamu lakukan pasti cepat-cepat minum, tapi kalo kamu tersedak dengan benda yang keras apalagi bendanya bukan makanan, bagaimana cara kamu menanganinya? Bukan hanya dengan minum dong.

Dilansir dari Merdeka.com - Tersedak merupakan sebuah gangguan medis yang sangat berbahaya.

Padahal terlihat biasa yah, eitss jangan anggap sepele, ternyata tersedak dapat membuat penderita kekurangan oksigen secara menyeluruh loh. Sehingga dalam hitungan menit penderita akan kehilangan refleks napas, denyut jantung dan kematian batang otak. Ih serem yah...

Sebenarnya saat tersedak terjadi penyumbatan di saluran pernapasan di sekitar tenggorokan (laring) atau saluran pernapasan (trakea). Mengerikannya lagi aliran udara menuju paru-paru pun tersumbat sehingga aliran darah yang menuju otak dan organ tubuh lainnya terputus. Inilah yang mengakibatkan penderita bisa sampai mengalami kematian batang otak.

Jika kamu menyaksikan orang lain tersedak apa yang sebaiknya kamu segera lakukan? penanganan apa yang tepat untuk membantu mengatasi tersedak, sebaiknya kamu jangan panik dan cobalah kamu lakukan beberapa cara ini.

1. Jangan memberi minum.

Menurut beberapa ahli kesehatan menyarankan agar tidak memberi minum apapun, alasannya karena cairan yang masuk bisa menghambat udara dalam saluran pernapasan. Wah padahal kebanyakan orang biasanya jika ada orang tersedak pasti segera ambil air minum. Terus kalau di beri air minum itu salah yang benar penanganan nya harus gimana? Ini dia yang sebaiknya kamu lakukan.

2. Berdirilah di belakang orang tersebut dan letakkan tangan kamu di sekitar perutnya.

Nah cara ini yang di sarankan untuk mengatasi tersedak, jika ada orang yang tersedak cobalah kamu berdiri di belakang orang tertsebut dan letakkan tangan kamu di sekitar perutnya, kemudian buatlah kepalan tangan dengan satu tangan dan ibu jari berlawanan dengan perut sementara tangan lainnya menggenggam kepalan.

3. Tekan tangan ke atas dan ke dalam perut.

Setelah kamu melakukann cara ke2 lanjutkan ke caraini yaitu, tekankan tangan kamu keatas dan ke dalam perut dengan gerakan tajam ini bertujuan untuk mengeluarkan benda asing tersebut dari dalam tubuh.

4. Sebuah tepukan di bagian punggung atau di tulang dada.

Bila mengeluarkan benda tersebut, lakukan juga sebuah tepuka di bagian punggung atau di tulang dada.

5. Segera larikan ke rumah sakit.

Jika benda asing tersebut tidak bisa dikeluarkan dari dalam tubuh, segera larikan ke rumah sakit sebelum kehabisan napas.

Nah sekarang kamu gak perlu panik lagi mengatasi tersedak.
Sebaiknya jangan melakukan apapun dengan terburu-buru, seperti makan lah dengan tenang. Jaga mulut kamu supaya tidak kemasukan benda asing yang bisa membuat kamu tersedak.

No comments:

Post a Comment