Sunday, November 22, 2015

7 Tips Yang Bisa Membuat Tidur Kamu Nyenyak

Apakah tidur kamu selalu nyenyak? Saat ini banyak orang yang mengalami gangguan dalam tidurnya. Banyak faktor penyebab seseorang mengalami tidur yang kurang nyenyak, salah satunya bisa karena stres atau bahkan pola tidur yang berubah. Tidur yang nyenyak sebuah hal yang di dambakan oleh semua orang, termasuk tidur yang cukup. Karena jika tidur kamu kurang, kamu akan ngalamin Bahaya Dari Kurang Tidur.

Ketika kamu mengharapkan tidur kamu nyenyak malam ini, beberapa ritual di bawah ini mungkin bisa membantu kamu yang susah tidur. Buka matamu dan cobalah
baca ini, tapi pejamkan matamu ketika kamu mulai mau tidur. Hehe..
Seperti yang di lansir Merdeka.com, inilah 7 tips agar kamu bisa tertidur nyenyak sekali... Eitss tapi jangan kelewat nyenyak sampai lupa waktu untuk bangun tidur, alhasil kamu jadi kebanyakan tidur dan jika seperti itu, kamu juga harus baca Tidur Berlebihan? Inilah Efek Yang Akan Kamu Dapat. Karena disitu kamu akan tahu pengaruh buruk apa saja yang ditimbulkan dari kebanyakan tidur.

Oke sekarang kita mulai saja 7 tips yang bisa membuat kamu tidur nyenyak.

1. Mandi sebelum tidur

Naik-turun suhu tubuh dapat meningkatkan rasa ngantuk. Jadi jika kamu mandi sebelum tidur terlebih menggunakan air hangat, bukan hanya suhu tubuh tapi kamupun akan menjadi rileks. Pikiran yang penat dan juga tubuh yang lelah karena aktivitas seharianpun bisa hilang dengan mandi, dan jika sudah mandi kamupun bisa tidur dengan nyenyak.

2. Dengarkan musik yang menenangkan

Nah untuk yang satu ini gak susahkan, kamu tinggal mendengarkan musik tapi musiknya yang menenangkan, cobalah mendengarkan musik tanpa kata-kata dan berirama pelan karena musik tersebut dapat membuat tidur kamu jadi lebih nyaman. Kamu bisa mencoba mendengarkan musik klasik, folk, ataupun musik lainnya yang berirama pelan

3. Aroma lavender

Aroma lavender disebut-sebut sebagai aroma penangkal insomnia, karena aroma lavender sangat terkenal sebagai aroma yang bisa membuat tidur kamu nyaman. Sekarang sudah banyak produk yang beraroma lavender, misalnya saja kamu bisa menyalakan lilin beraroma lavender sebelum tidur. Eitss tapi awas jangan sampai kamu tidur lilinnya masih nyala, ini dihawatirkan lilin tersenggol atau bahkan jatuh ke tempat yang mudah terbakar, jadi bahaya kan. Yang aman sih sebaiknya kamu pakai minyak esensialnya aja.

4. Redupkan cahaya

Meredupkan cahaya lampu saat tidur mampu membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Walaupun ada sebagian orang yang mempunyai kebiasaan tidur dengan lampu menyala, tapi apa salahnya jika mencoba meredupkannya untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Karena bisa jadi cara ini cukup ampuh membuat kamu tidur nyenyak.

5. Latihan teratur

Salah satu penyebab insomnia adalah kecemasan, sehingga dengan mengusir kecemasan dalam diri akan membantu kamu untuk mendapatkan tidur yang nyenyak. Menurut Sebuah studi tentang tidur menyarankan bahwa melakukan beberapa latihan aerobik dapat membantu seseorang mengurangi kecemasan. Jadi latihan untuk menghilangkan kecemasan yang teratur juga dapat membuat tidur kamu nyenyak.

6. Ganti kekurangan tidur

Jika kamu seorang pegawai dan kadang ada masa dimana kamu kerja sampai larut malam atau bahkan kerja lembur semalaman, hal tersebut sudah pasti akan mengurangi jam tidur kamu dan porsi tidur normal kamupun menjadi tidak normal. Karena hal tesebut kamu bisa kok mengambil tidur yang lebih pada hari selanjutnya untuk mengganti kekurangan tidur kamu. Dan, setelah itu kamu bisa tidur dengan porsi seperti biasanya.

7. Minuman hangat sebelum tidur

Minum sesuatu yang hangat sebelum tidur ini juga membantu kamu mendapatkan tidur yang nyenyak, secara medis segelas susu hangat telah diklaim dapat membantu seseorang mendapatkan tidur yang lebih nyenyak. Bagi kamu yang gak suka susu kamu juga bisa menggantinya dengan coklat panas atau secangkir chamomile hangat.

Sudah seharusnya kita semua dapat mengatur waktu dengan sebaik-baiknya, termasuk waktu untuk tidur. Karena tidur yang kurang dapat berpengaruh pada kesehatan tubuh, begitu pula dengan terlalu banyak tidurpun tidak baik untuk tubuh. Jadi usahakanlah tidur dengan waktu dan porsi yang cukup. Bukan hanya waktu dan porsinya yang cukup, alangkah baik dan menyenangkannya jika kitapun mendapatkan tidur yang nyenyak. Semoga tips ini bisa membantu dan selamat mencoba!

No comments:

Post a Comment