Monday, November 23, 2015

Sistem Kekebalan Tubuh Menurun? Tingkatkan Dengan Konsumsi 6 Makanan Ini

Jika kamu sakit, itu berarti sistem kekebalan tubuh kamu menurun. Ini menyebabkan berbegai jenis mikro-organisme yang selalu mengintai tubuh kamu dapat dengan mudah menyerang kekuatan dari sistem kekebalan tubuh kamu yang sedang menurun, mikro-organisme tersebut seperti bakteri, jamur, dan virus. Karena itu sistem kekebalan tubuh adalah benteng pertahanan tubuh kita dari berbagai serangan penyakit. Jadi jika sistem kekebalan tubuhmu kurang, kamu jadi gampang sakit deh.
Eitss... Tapi kamu gak perlu hawatir dengan serangan bakteri
yang mengintai tubuh kamu, kamu bisa memanfaatkan berbaigai jenis makanan dan minuman untuk membantu menghindari serangan bakteri tersebut.
Dilansir dari Merdeka.com, inilah 6 makanan dan minuman yang bisa bantu meningkatkan kekebalan tubuh.

1. Jus lemon

Faktanya Vitamin C berperan dalam mempertahankan tubuh terhadap penyakit tertentu, pasti tahu dong. Yupss,, itu karena Vitamin C mampu melindungi tubuh kamu dari serangan bakteri, virus, dan dari serangan radikal bebas. Nah untuk mendapatkan manfaat dari si Vitamin C ini kamu bisa mengkonsumsi jus lemon atau dari perasan lemon hangat.

2. Vitamin D

Sudah bukan hal rahasia lagi kalo paparan sinar matahari di siang hari memang berefek jahat bagi tubuh, meski begitu beda halnya dengan sinar matahari di pagi hari yang mempunyai manfaat menyehatkan. Seperti Vitamin D yang berperan dalam melindungi tubuh kamu terhadap penyakit tertentu, seperti diabetes dan masalah jantung. Jadi apa salahnya kamu tinggal berjemur di pagi hari yang cerah dan dapatkan manfaat Vitamin D untuk tubuh kamu.

3. Konsumsi Oatmeal

Mengonsumsi oats secara teratur dapat membantu tubuh melawan penyakit dengan mudah. Itu di sebabkan karena Oats mengandung serat sekaligus memiliki sifat anti-mikroba.

4. Konsumsi yogurt

Ini dia makanan yang terkenal sangat baik bagi sistem pencernaan. Ternyata bukan hanya itu loh, yogurt juga kaya akan probiotik sekaligus juga menjadi peningkat kekebalan tubuh. Jadi dengan mengkonsumsi yogurt sistem pencernaan dan kekebalan tubuh kamu jadi lebih baik.

5. Bawang putih

Dibalik baunya yang menyengat, bawang putih mengandung allicin, mineral seperti Zinc, sulfur, Selenium dan vitamin A dan E, itu sebabnya bawang putih merupakan salah satu pendorong kekebalan tubuh.
Bukan itu saja bawang putih juga ampuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, karena bawang putih berfungsi sebagai anti-jamur, anti-virus dan anti-bakteri. Dengan mengkonsumsi satu siung setiap hari selama seminggu kamu sudah bisa mendapatkan manfaatnya, eitss tapi cara efektif untuk mendapatkan manfaatnya adalah dengan mengkonsumsinya dengan mentah. Tapi banyak orang yang tidak suka dengan baunya yang menyengat, apalagi kalau di makan mentah.

6.Konsumsi teh

Wah kalau yang ini sih pasti banyak orang yang suka, walaupun mungkin juga ada yang tidak menyukainya. Yaitu teh hijau dan teh hitam yang baik untuk sistem kekebalan tubuh. Eitss tapi walaupun kamu suka, jangan terlalu berlebihan juga dalam mengkonsumsinya, cukup 1-2 cangkir sehari.

Itulah beberapa makanan yang baik bantu tingkatkan sistem kekebalan tubuh, tapi bukan berarti kamu harus mengkonsumsinya dengan berlebihan. Kamu juga harus memperhatikan porsi dan kebutuhan tubuh kamu terhadap makanan yang kamu konsumsi. Bukan hanya rasa dan kepuasan dalam mengkonsumsi apapun tapi juga manfaat dari makanan tersebut dan kesehatan untuk tubuh kamu juga sangat penting.

No comments:

Post a Comment