Monday, December 7, 2015

Sudah Tahu Alat Dapur Yang Bisa Jadi Sarang Bakteri Jahat?

Sudah tahukan tempat yang kotor itu sudah pasti berbahaya pada kesehatan. Bukan hanya tempat yang kotor tapi juga makanan yang tidak sehat, eitss.. Makanan sehatpun harus bersih.
Selalu perhatikan kebersihan makanan, karena bakteri jahat mudah masuk kedalam tubuh lewat makanan. Makanlah makanan yang sehat dan bersih. Eits eits eits, bahkan barang yang dekat dengan makanan bisa jadi penyebab makanan itu dapat berbahaya pada kesehatan. Ternyata barang yang ada di dapur kamu bisa menyimpan bakteri jahat yang bisa hinggap di makanan kamu, dan jika kamu memakannya bakteri jahat tersebut siap menyerang tubuh kamu. Selalu perhatikan juga kebersihan barang-barang yang dekat dan bahkan kamu gunakan untuk tempat mengolah atau menyimpan makanan kamu. Jangan abaikan barang yang bisa menjadi sarang bakteri jahat tersebut, cari tahu barang apa saja itu dan kamu perlu tahu cara mengatasinya. Bagi kamu yang belum tahu barang apa saja sih yang bisa menjadi sarang bakteri jahat yang ada di dapur, inilah dia beberapa barang tersebut.

1. Spons cuci piring

Bersihkan spons cuci piring setelah kamu menggunakannya, jangan biarkan ada sisa makanan yang tertinggal di sponsnya. Peras sampai kering, dan simpanlah spons cuci piring kamu di tempat yang bersih dan kering. Karena kenapa? Jika spons yang sudah di gunakan tidak di bersihkan, bakteri jahat akan mudah berkembang. Ini karena spons sering bersentuhan dengan sisa-sisa makanan, jika kamu tidak membersihkan spons, sisa-sisa makanan tersebut bisa mengendap diantara lubang-lubang kecil spons cuci piring tersebut. Terlebih jika spons di simpan di tempat yang basah dan lembab. Ini sangat memudahkan para bakteri jahat yang bernama E.Coli dan Salmonella untuk berkembang dengan subur. Gak mau kan spons yang kamu gunakan supaya piring dan alat dapur kamu bersih, malah jadi yang menyebabkan tubuh kamu terserang bakteri jahat.

2. Pisau dan talenan

Ini dia pasangan barang yang selalu menjelajah dan bersentuhan dengan berbagai jenis bahan makanan. Yang jadi masalah adalah kebiasaan kamu menggunakan ke 2 barang tersebut. Tanpa kamu sadari, kamu menggunakan barang tersebut tanpa membersihkannya terlebih dahulu. Misalnya setelah kamu memotong daging mentah, kamu langsung menggunakannya untuk memotong sayuran segar. Nah ini dia yang salah, sebaiknya kamu selalu cuci ke 2 barang ini setelah kamu memakainya, pastikan kamu juga mengeringkan barang tersebut. Bukan hanya itu, bahan talenan yang aman digunakanpun masih menjadi perdebatan para ahli, apakah talenan berbahan plastik berbahan kayu yang lebih aman. Keduanya memiliki risiko yang tidak baik untuk kesehatan. Para ahli juga mengatakan bahwa penggunaan talenan yang masih baru lebih berbahaya dibandingkan dengan talenan yang sudah digunakan.

3. Alat pembuat kopi

Bersihan alat pembuat kopi dengan menggunakan campuran air dan cuka dengan perbandingan yang sama, sambil menyalakan mesin tersebut. Kemudian matikan dan biarkan selama satu jam sebelum kamu membilasnya dengan air bersih. Cukup lakukan hal ini satu kali sebulan. Memang kopi memiliki beberapa sifat antimikroba, tapi alat pembuat kopi yang kamu gunakan juga perlu untuk dibersihkan. Karena sisa-sisa kopi yang mengendap di pipa-pipa gelap alat yang memungkinkan munculnya bakteri. Jadi apa salahnya untuk membersihkan alat pembuat kopi yang kamu punya.

4. Rak lemari es

Memasukan berbagai jenis makanan, bahan makanan, daging, sayuran dan buah-buahan bahkan juga minuman kedalam, tapi lupa untuk membersihkan rak lemari es tersebut. Eitss itu dia yang salah, karena tempat yang kotor tentu menjadi sarang favorit para bakteri jahat. Bersihkan rak lemari es kamu, perhatikan selalu kebersihannya. Jika kamu lupa membersihkannya, tanpa kamu sadari kamu membiarkan makanan yang kamu simpan didalam lemari es menjadi santapan bakteri jahat.

Nah, jangan abaikan peralatan dapur kamu ya. Jaga kebersihan dapur dan juga peralatanya. Segala sesuatu yang kotor bisa di singgahi bakteri jahat, karena bakteri jahat bisa muncul dimana saja. Terutama pada tempat yang kotor dan juga lembab. Apalagi pada dapur tempat kamu mengolah dan menyimpan makanan, harus selalu dijaga kebersihannya.

No comments:

Post a Comment