Wednesday, December 9, 2015

Tidak Hanya Minuman, Ternyata Beberapa Makanan Inipun Memiliki Fungsi Sebagai Penawar Racun Dalam Tubuh

Racun merupakan bahan kimia yang bisa masuk ke dalam tubuh melalui makanan, minuman, atau benda-benda lainnya. Karena zat ini merusak fungsi organ tubuh, jadi tentu saja berbahaya bagi kesehatan. Jika racun yang masuk dalam jumlah kecil, mungkin saja tidak langsung berdampak bagi tubuh. Namun jika hal ini dibiarkan, racun tersebut akan menumpuk sehingga berpotensi lebih besar menyebabkan penyakit berbahaya.
Jadi sebaiknya kelurkanlah racun dalam tubuh sebelum berdampak lebih parah pada tubuh.
Untuk mendapatkan tubuh dan jiwa yang sehat, perhatikan asupan nutrisi harian tubuh kamu, seimbangkan jumlah karbohidrat, protein dan lemak yang kamu makan. Olahraga dengan teratur, tidur yang cukup, dan selalu berpikir positif. Tapi walaupun begitu, terdapat faktor luar yang juga tidak bisa dihindari, seperti polusi udara dan radikal bebaspun bisa mempengaruhi fungsi organ tubuh. Belum lagi jika menuruti nafsu makan kamu, tak pandang apa yang kamu ingin makan pasti kamu makan. Nah jika seperti itu adanya, kamu perlu mengatasinya. Dengan cara detoksifikasi mungkin bisa jadi pilihan.
Banyak cara untuk mengeluarkan racun dalam tubuh, salah satunya bisa dengan beberapa minuman seperti pada artikel Selain Air Kelapa, Inilah Minuman Penawar Racun Dalam Tubuh Lainnya. Selain dengan minuman, konsumsi beberapa makanan dan sayuran yang memiliki khasiat penawar racun pun bisa jadi pilihan. Selain aman dan alami, cara ini juga gampang untuk dilakukan.
Dan inilah beberapa makanan yang bisa jadi penawar racun dalam tubuh.

1. Artichoke

Sayuran yang berasal dari Mediterania ini ternyata sangat baik bagi kesehatan hati. Yah memang bentuknya yang aneh dan mungkin tidak banyak orang yang tahu, apalagi memang bukan makanan yang umum dikonsumsi di Indonesia. Tapi ternyata, jika dikonsumsi secara teratur, artichoke mampu meningkatkan kemampuan hati mengolah racun. Bukan hanya itu, artichoke juga kaya akan protein, serat, serta mineral esensial seperti magnesium, folat, dan potasium.

2. Asparagus

Sayuran yang berbentuk batang bambu mini ini, memang jarang ditemui dalam menu masakan Nusantara. Asparagus mengandung antioksidan, yang bisa menangkal radikal bebas. Sayuran ini juga bisa membantu mencegah kanker. Bukan hanya itu, asparagus juga mempunyai fungsi anti penuaan. Jadi bagi kamu yang ingin awet muda, asparagus ini bisa jadi andalan.

3. Avokad

Buah yang di kenal dengan nama alpukat ini dianggap mengandung banyak lemak, makanya banyak wanita yang menghindari mengkonsumsi buah ini. Padahal, lemak yang terkandung dalam avokad adalah lemak baik yang bisa membantu darah menyingkirkan lemak jenuh dalam pembuluh darah yang menyebabkan stroke dan serangan jantung.

4. Bit

Bit mengandung banyak antioksidan, yang bisa mencegah kanker. Jadi pantas saja sayaran ini bagus untuk detoksifikasi. Sayuran yang sangat mudah dikenali karena warnanya yang merah menyala ini, nikmat jika disajikan dalam bentyk salad.

5. Brokoli

Brokoli kaya akan enzim, yang bisa meningkatkan kinerja hati dalam mengolah racun. Brokoli sayuran yang paling banyak ditemui dalam menu masakan di Indonesia ini, sangat praktis dan mudah di masak. Eitss tapi jangan masak brokoli dalam suhu yang sangat panas ya, apalagi dimasukan dalam microwave. Karena suhu panas bisa merusak enzim dalam brokoli.

6. Kol

Kol yang biasanya jadi bahan untuk sayur sop dan campuran sayuran dalam bakwan ini, ternyata bisa menurunkan tingkat kolesterol dalam darah. Tidak hanya itu kol juga berfungsi membersihkan organ hati.

Ternyata ada beberapa makanan dan minuman yang berfungsi untuk penawar racun dalam tubuh. Nah sudah tahukan makanan yang bisa jadi penawar racun dalam tubuh. Jadi gak ada salahnya kan menyisipkan makanan atau minuman tersebut dalam daftar makanan yang akan kamu konsumsi.

No comments:

Post a Comment