Tuesday, November 24, 2015

Hindari 5 Aktivitas Ini Sebelum Kamu Tidur

Banyak orang yang mempunyai kebiasaan mendengarkan musik sebelum tidur, hmm... Apa itu bagus atau malah kebiasaan buruk? Eitss jangan salah, ternyata hal itu bukan kebiasaan buruk loh, Karena ternyata mendengarkan musik sebelum tidur dapat membantu membuat tidur kamu pulas. Tapi, hal ini juga tergantung pada alunan dan jenis musik yang kamu dengar. Sebaiknya kamu mendengarkan musik dengan irama yang pelan, misalnya saja musik klasik. Tapi jika kamu tidak menyukai jenis musik klasik, tenang dan jangan khawatir, kamu bisa dengarkan musik yang pelan alias slow. Disarankan mendengarkan musik tanpa kata-kata dan juga tidak disarankan mendengarkan lagu yang bisa membangkitkan emosi yang kuat, baik emosi positif maupun negatif.


Tapi, ada juga loh aktivitas yang tidak boleh kamu lakukan sebelum tidur, ini karena jika kamu melakukan aktivitas ini, bisa membuat kamu susah untuk tidur bahkan sampai tidak bisa tidur, dan alhasil kamu jadi kurang tidur. Jika sampai parah, kurang tidur bisa menimbulkan bahaya kesehatan seperti pada artikel Bahaya Dari Kurang Tidur. eitss tapi jangan sampai kebanyakan tidur juga, karena pada arikel Tidur Berlebihan? Inilah Efek Yang Akan Kamu Dapat, jadi kalau kamu kebanyakan tidur, kamu juga akan mendapatkan bahayanya.

Lalu apa saja sih aktivitas yang tidak boleh dilakukan itu? Dilansir dari Merdeka.com, ini dia 5 aktivitas yang harus dihindari sebelum tidur agar kualitas tidur kamu terjaga.

1. Menonton film atau drama di televisi

Tidak salah menonton film, drama, atau apapun sebelum tidur, tapi kebanyakan orang yang menonton film atau drama selalu penasaran dengan alur ceritanya. Nah inilah yang harus kamu waspadai, yaitu rasa penasaran. Karena rasa penasaran kamu yang besar dapat mengalahkan rasa ngantuk, alhasil jam tidur kamu jadi kacau. kamu bisa sangat terobsesi dengan alur cerita yang disuguhkan apalagi jika tayangannya memang benar-benar kamu suka, dan tahu-tahu bedug shubuh berbunyi, adzan shubuh berkumandang dan kokkokokok ayam jantanpun bernyanyi. Hehe... Jika kamu termasuk orang yang seperti itu, solusinya ya hindari deh yang namanya memasang tv di kamar tidur, atau jangan tidur di depen tv.

2.Terlalu lelah

Apa iya? Padahalkan kelelahan bisa saja menjadi faktor kamu untuk langsung tertidur. Eh eh eh ternyata itu tidak berlaku jika kamu terlalu lelah, karena terlalu lelah bisa membuat kamu kesulitan tidur, apalagi bila bukan hanya tubuh kamu yang lelah tapi pikiran kamu juga lelah. Misalnya saja ada beban kerjaan yang bernaung di pikiranmu atau mungkin terpikir dengan serangkaian hal yang harus kamu kerjakan keesokan harinya. Ish ish ish memang iya ya kalo itu bisa buat tidur gak tenang. Eitsss jangan berlarut seperti itu bersantailah, tinggalkan pikiran itu itu sejenak dan tidurlah tidurlah tidurlahhh...

3. Membiarkan ponsel selalu menyala

Dering ponsel bisa mengganggu jam tidur kamu, walaupun jarang disadari bahkan. Jika ponsel berbunyi, karena rasa penasaranmu yang kuat tadi kamu akan terpacu untuk menengoknya, walaupun sejenak dan bahkan ponselmu berbunyi karena hal yang kurang penting. Apalagi kalau ternyata kalau berderingnya itu karena hal yang menurut kamu itu menarik, misalnya saja info dari sosmed yang kamu punya. Jika seperti itu adanya, itu bisa membuat konsentrasi kamu untuk terpecah. Dan kamupun terjaga gara-gara ponsel.

4. Mengonsumsi makanan yang salah

Tidak ada salahnya kamu makan atau mengkonsumsi cemilan di malam hari, apalagi jika kamu memang lapar karena rasa lapar bisa membuat kamu susah tidur, iyalah perut keroncongan mana bisa fokus tidur. Tapi tidak semua jenis makanan bisa kamu makan sebelum tidur, beberapa jenis makanan tertentu bisa mengakibatkan kamu menjadi sulit untuk memejamkan mata seperti alkohol, kafein, makanan berfermentasi, hingga makanan dengan basis tomat. Hal ini disebabkan karena makanan tersebut membutuhkan waktu cerna yang lebih lama. Sebagai gantinya, jika kamu sering merasa kelaparan di malam hari, perut kamu keroncongan serasa ada yang berdemo dan bertalu-talu, nah jika begitu adanya konsumsilah makanan yang bisa membuat kamu tenang seperti produk olahan susu. Karena rasa tenang bisa membuat kamu tidur nyenyak.

5. Stres

Ini dia faktor utama kenapa jam tidur seseorang bisa terganggu. Membebani pikiran secara terus-menerus dengan hal negatif bisa membuat saraf kamu tegang yang berakhir dengan insomnia tingkat tinggi. Makanya hindarilah yang namanya stres, cobalah untuk menenangkan diri kamu singkirkan hal-hal negatif dari pikiran kamu, berpikir positif karena hari esok matahari akan terbit dan hari yang cerahpun mengiringi harimu.

Tidur yang cukup membawa sejuta manfaat untuk kesehatan mental dan fisik kamu. Oleh karenanya sebisa mungkin hindari hal di atas agar jam tidur kamu tidak terganggu. Buatlah tidur kamu senyenyak mungkin, tapi jangan sampai jadi kebanyakan tidur karena tidak baik bagi kesehatan, begitu pula dengan kurang tidur. Karena sebaiknya tidurlah dengan waktu, dan porsi yang tepat. Maka kamu akan mendapatkan kasiat terbaik dari tidur kamu.

No comments:

Post a Comment