Monday, November 30, 2015

Susah Memiliki Anak? Mungkin Ini Salah Satu Faktornya

Mempunyai anak adalah impian banyak orang setelah menikah, tapi tidak semua berjalan sesuai keinginan. Tidak semua orang mudah mendapatkan keturunan. Ada banyak faktor yang mengakibatkan seseorang mengalami ketidak suburan.
Selain memeriksakan diri dan mencoba pengobatan atau alternatif-alternatif yang bisa membuat kamu hamil, Ada baiknya kamu juga memperhatiakan makanan yang kamu konsumsi.


Makanan bisa jadi faktor yang membuat kamu susah hamil. Ada banyak makanan yang sebaiknya kamu konsumsi jika ingin hamil, tapi ada juga loh makanan yang sebaiknya kamu hindari.
Jadi untuk kamu yang ingin segera hamil, cobalah hindari dulu deretan makanan ini

1. Kedelai

Bukan hanya kedelainya yang sebaiknya kamu hindari tapi segala jenis olahannya pun sebaiknya kamu hindari juga, seperti tahu, tempe, dan susu kedelai. Kandungan phytoestrogen (bagian dari estrogen) dalam kedelai adalah alasan mengapa makanan ini patut untuk kamu hindari saat mencoba untuk hamil. Karena aktivitas estrogen berlebih dalam tubuh cukup berpengaruh dalam ketidakseimbangan hormon yang dapat mempengaruhi produksi telur dan ovulasi. Cobalah kurangi asupan kedelai maupun olahan kedelai selama enam bulan sebelum kamu mencoba untuk hamil. Tetapi kamu harus mendapatkan asupan protein yang cukup, karena protein penting bagi kesuburan wanita

2. Selai kacang dan bayam

Sebelum kamu hamil kedua makanan ini harus kamu hindari karena menguras kalsium yang merupakan mineral penting bagi perkembangan bayi. Pastikan kamu mendapatkan asupan kalsium yang cukup. Dan sebaiknya kamu mengkonsumsi kedua makanan ini setelah hamil, Karena kedua makanan ini penting bagi perkembangan kecerdasan bayi. Tapi tetap dengan porsi yang cukup dan tidak berlebihan.

3. Makanan dengan gula tinggi

Gula berlebih dapat mengganggu kadar hormon reproduksi, Karena jika kamu ingin segara memiliki anak hormon reproduksi kamu harus stabil. Salah satu faktor yang mempengaruhi kesuburan adalah makanan manis, jadi jika ingin cepat hamil sebaiknya kamu tinggalkan makanan ataupun minuman yang berkadar gula tinggi, seperti soda dan permen.

4. Kafein

Sudah tidak asing lagi, kafein berlebih dapat menyababkan keguguran pada kehamilan. Begitu juga untuk yang baru merencanakan kehamilan, kafein berlebih bisa menutup kesempatan kamu memiliki anak. Memang kafein tidak menyebabkan kemandulan, tapi ada baiknya kamu menghindari dulu makan yang mengandung kafein jika kamu ingin memiliki anak. Seperti kopi, teh, coklat adalah beberapa contoh makanan dan minuman yang mengandung kafein.


5. Daging olahan

Kandungan nitrat dan nitrit (pengawet dalam daging olahan), yang saat ini bahkan disebut sebagai penyebab kanker, dan tentu saja sangat berpengaruh pada kondisi reproduksi kamu. Untuk mensukseskan program kehamilan, sebaiknya kamu menghindari makanan ini. Makanan yang terbuat dari daging olahan seperti sosis, bacon, daging giling dan bahkan bologna.

Pola makan adalah salah satu faktor yang memengaruhi kesuburan seseorang. Tiga puluh persen dari ketidaksuburan disebabkan oleh kelebihan berat badan atau bahkan kekurangan berat badan. Sebaiknya perbaiki pola makan kamu, bukan hanya untuk mendapatka keturunan tapi juga untuk kebaikan dan kesehatan kamu. Konsumsilah makanan yang sehat, dan dengan porsi yang tepat untuk kebutuhan tubuh kamu.

No comments:

Post a Comment