Tuesday, December 1, 2015

Ternyata Tertawa Ada Manfaatnya Loh!

Tahukan kamu anak-anak bisa tertawa 300 hingga 500 kali sehari, sedangkan mayoritas orang dewasa hanya tertawa 15 kali dalam sehari. Bagi anak-anak tertawa mungkin
adalah cara mereka untuk mengungkapkan kesenangan, kegembiraan, dan kebahagiaan.
Memang bagi orang dewasa tertawa begitu susah apalagi saat masalah menghampiri, pekerjaan yang menumpuk bahkan terlalu fokus bekerja. Apa kamu salah satu yang susah tertawa? Jadi kapan kamu terakhir tertawa lepas? Eitss jangan lupakan tertawa loh, karena tertawa ternyata menyimpan beberapa manfaat bagi kesehatan.

1. Menurunkan tekanan darah tinggi

Saat kita tertawa, pada awalnya tekanan darah akan meningkat lalu kemudian akan turun secara perlahan. Karena studi telah menemukan bahwa tertawa mampu menurunkan tekanan darah. Bernapas lebih dalam setelah tertawa ternyata mampu melebarkan pembuluh darah sehingga lebih banyak oksigen yang memasuki aliran darah. tertawa setidaknya 15 menit sehari dapat meningkatkan kesehatan jantung.

2. Menurunkan stres

Tertawa membantu tubuh melepaskan hormon stres yang merusak seperti kortisol dan epinefrin. Begitu banyak hal yang bisa membuat stres, jadi apa salahnya kamu menyisipkan waktu untuk tertawa di setiap hari kamu, misalnya saja melihat acara komedi atau vidio lucu yang bisa membuat kamu tertawa.

3. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Selain melepaskan koretisol dan epinefrin, tubuh juga meningkatkan hormon yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh saat kita tertawa. Sebuah penelitian yang datang dari Loma Linda University menemukan bahwa hormon tersebut meningkat sebesar 87% pada peserta penelitian yang menonton video lucu.

4. Lebih bahagia

Tertawa memang sangat identik dengan kebahagiaan. Orang yang lebih sering tertawa cenderung lebih bahagia. Penelitian menemukan penyebabnya, yaitu saat tertawa tubuh melepaskan endorfin.

Itulah alasan mengapa kamu harus lebih sering tertawa, karena ternyata ada manfaat dari sebuah tertawa. Tapi tetap perhatikan situasi dan kondisi, jangan hanya karena tertawa itu bagus, lantas kamu tertawa di sembarang tempat tanpa memikirkan pikiran dan suasana hati orang lain.

No comments:

Post a Comment