Thursday, December 3, 2015

Bahkan Kulit Jeruk Yang Hanya Cangkangpun, Memiliki Manfaat Yang Tidak Kalah Dengan Isinya

Buah jeruk yang terkenal tinggi akan vitamin C dan seratnya ini, sudah tentu baik untuk dikonsumsi. Karena vitamin C dan serat yang terkandung di dalamnya baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan juga mendukung kesehatan sistem pencernaan.
Eitss.. Bukan itu saja, ternyata bukan dagingnya saja loh yang punya manfaat sehat, tapi kulitnya juga memiliki manfaat sehat. Kulit jeruk yang biasanya hanya di kupas lalu di buang ini ternyata tak kalah manfaatnya dengan dagingnya. Sering dengar "Jangan lihat luarnya yang penting dalamnya"
, nah bagi si buah jeruk kamu juga harus lihat manfaat luarnya yaitu manfaat dari kulitnya. Ini dia manfaat dari si kulit jeruk.

1. Meredakan gangguan pencernaan

Tidak hanya dagingnya saja, kulit jerukpun ternyata tinggi akan manfaat sehat untuk pencernaan. Dengan sedikit kekuatan, mari kita ubah kulit jeruk yang segar ini menjadi kulit jeruk yang kering. Dengan kulit jeruk yang kering tadi kamu bisa membuat ramuan. Caranya masukan kulit jeruk yang kering kedalam segelas air hangat. Nah jadi deh ramuannya, kemudian minumlah. Ramuan ini juga efektif untuk meredakan mual, naiknya asam lambung. Ramuan ini juga mampu meningkatkan nafsu makan.

2. Melarutkan dahak

Saat penyakit batuk dan pilek menyerang, dan dahakpun seringkali ikut memenuhi tenggorokan kamu, disitulah kamu pasti merasa tambah tidak nyaman. Sudah jatuh tertiban tangga, mungkin itulah yang kamu rasakan saat batuk dan pilek menyerang tambah lagi dahak datang menggumpal. Jangan bingung dan kesal dulu, dengan kekuatan ramuan kulit jeruk kering dan air hangat tadi kamu juga bisa mengusir yang namanya dahak. Karena ramuan kulit jeruk kering tadi dapat membantu dalam melarutkan dahak serta melonggarkan hidung yang tersumbat.

3. Membunuh bakteri dan virus dalam tubuh

Ini dia manfaat kulit jeruk yang selanjutnya. seperti halnya daging jeruk yang bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh, kulitnya pun dapat membunuh bakteri dan virus. Eitss.. Bukan virus di hp atau gadget kamu ya.. Tapi di dalam tubuh kamu. Karena kulit jeruk memiliki sifat anti mikroba dan anti inflamasi di dalamnya sehingga dapat membunuh bakteri dan virus di dalam tubuh. Sifat ini juga dapat mengurangi keasaman dan mencegah sembelit dalam perut kamu.

4. Mengurangi kolesterol

Nah, bagi kamu penderita kolesterol, kulit jeruk juga baik untuk kamu. Karena, penelitian menunjukkan bahwa kulit jeruk dapat melarutkan trigliserida dan kolesterol. Sehingga kolesterol kamu pun akan menurun.

5. Mencegah kanker usus


Jika kamu ingin mencegah kanker usus menghampiri kamu, kamu bisa memanfaatkan kulit jeruk ini. Karena kulit jeruk mengandung flavonoid yang dikenal sebagai hesperidina, bahan alami yang efektif dalam melawan kanker usus besar hingga osteoporosis.

6. Memutihkan gigi

Bagi kamu yang mendambakan gigi putih, kamu juga bisa menggunakan kulit jeruk untuk membuatnya putih. Yaitu dengan cara menggosokan bagian dalam kulit jeruk pada gigi kamu. Ya walaupun memang terbilang tidak instan, tapi untuk kamu yang suka memanfaatkan bahan yang alami, ini bisa jadi pilihan untuk kamu. Dengan kekuatan sabar dan telaten, kamu bisa mendapatkan hasil dari kesabaranmu.

Ternyata hal yang dianggap hanya sebuah cangkang bahkan dibuang begitu saja karena dianggap sampah pun memiliki manfaat yang sama penting dengan isinya. Misalnya si kulit jeruk ini, yang terlihat seperti sepele tapi ternyata punya manfaat. Apa kamu tertarik untuk mencoba mendapatkan manfaatnya?

No comments:

Post a Comment