Wednesday, December 2, 2015

Mendapatkan Khasiat Dari Ramuan Tradisional Walaupun Zaman Telah Modern

Ada beberapa jalan yang dapat digunakan untuk pengobatan, mulai dari yang tradisional sampai jalan yang menggunakan alat-alat modern. Sekarang dunia kedokteran dan pengobatan semakin maju, banyak alat kesehatan dan obat-obat yang telah tercipta. Dengan semakin majunya dunia kedokteran dan zaman pengobatan semakin modern, ramuan-ramuan tradisional semakin terlupakan. Eitss jangan salah,
walaupun begitu khasiat dari ramuan tradisional masih bisa membantu dan beberapa bahkan diakui oleh dokter. Di zaman yang semakin maju inipun, ternyata masih ada segelintir orang yang masih setia menggunakan obat tradisional. Mereka memanfaatkan dengan baik hasil bumi dan alam yang bisa dijadikan obat untuk mengobati masalah kesehatan ringan. Alam kita kan kaya, jadi bagi yang bisa mengolahnya dengan baik, masih bisa gunakan racikan sendiri.
Seperti dilansir dari Merdeka.com, inilah beberapa penyakit ringan yang bisa diatasi dengan ramuan tradisional.

1. Mata kering dan lelah

Memang banyak obat dan tetes mata yang telah beredar, dan gampang untuk mencari dan membelinya. Tapi apa salahnya mengetahui dan mencoba membuat sendiri racikannya. Caranya, Masukkan satu kantungtehchamomile ke dalam secangkir air panas, dinginkan di dalam kulkas selama minimal 20 menit. Setelah itu kompreskan ke masing-masing mata selama 10 menit. Menurut Paul S. Anderson, ND, profesor naturopati di Bastyr University, chamomile memiliki efek anti-inflamasi.

2. Napas berbau tak sedap

Sangat menggangu kalau napas berbau tak sedap, bicarapun malu, bahkan rasa percaya diri menurun. Eitss jangan putus asa dulu, kamu bisa membuat ramuan sendiri untuk mengatasinya. Yaitu dengan menggunakan campuran lidah buaya dan jus apel. Lidah buaya mengandung senyawa anti-inflamasi B-sitosterol yang mampu menetralisir asam pada pencernaan. Pencernaan yang terlalu asam adalah penyebab umum napas berbau tak sedap. Tapi jangan mengonsumsi terlalu banyak lidah buaya karena lidah buaya dalam jumlah berlebihan dapat beraksi seperti obat pencahar, kata herbalis Letha Hadady, DAc, penulis bukuHealthy Beauty. Caranya, minum seperempat cangkir gel lidah buaya yang dicampur setengah cangkir jus apel.

3. Memutihkan gigi

Banyak cara tradisional untuk memutihkan gigi, seperti menggunakan kulit jeruk, strawbery dan juga baking soda. Jika menggunakan baking soda, caranya campur setengah sendok teh baking soda dengan satu atau dua tetes peroksida. Gunakan untukmenyikat gigi. Diamkan selama beberapa menit lalu kumur dengan air bersih. Baking soda memiliki fungsi pemutih alami yang aman, lagi kata Letha Hadady, DAc.

4. Gigitan nyamuk

Banyak nyamuk dirumah kamu? kalau digigit nyamuk caranya, cobanya Gosok area yang digigit nyamuk dengan deterjen cair dan biarkan mengering, demikian saran Paul Lyons, MD, profesor kesehatan keluarga dan komunitas dari Temple University School of Medicine. Deterjen cair bersifat mendinginkan kulit, mengurangi efek iritasi dan melindungi kulit dari gigitan lebih lanjut.

5. Kaki lelah

Minum 170 ml tonic water tiap malam sebelum tidur sampai rasa lelah di kaki hilang. Menurut Paul Lyons, MD, tonic water mengandung quinine, yang dapat menghentikan kontraksi otot berulang.

6. Sakit kepala

Tekan otot trapezius atau otot persimpangan antara leher dan bahu selama 30 detik sampai satu menit menggunakan ibu jari dan telunjuk. Atau coba teteskan satu atau dua tetes minyak peppermint ke titik persimpangan bahu dan leher. Minyak peppermint dapat melemaskan otot-otot kejang, jelas Benjamin Kligler, MD, MPH.

7. Mengatasi ketombe

Ketombe sangat menggangu, jika kulit kepala kamu berketombe kamu bisa memanfaatkan daun teh hijau yang sarat antioksidan, demikian saran Letha Hadady, DAc. Casanya, seduh teh hijau selama 20 menit dalam air panas dan dinginkan semalaman. Esoknya, aplikasikan daun teh hijau ke kulit kepala dan air siramkan ke rambut. Teh hijau mampu mengelupas kulit mati di kulit kepala tanpa memberi efek kering. Kamu juga bisa menerapkan caraMembuat Ketombe Minggat.

8. Mengatasi kulit terbakar matahari

Mandi dengan air suam-suam kuku yang dicampur dengan satu cangkir oatmeal yang sudah dihaluskan, satu cangkir susu tawar, dua sendok makan madu, dan dua sendok makan gel lidah buaya. Oatmeal bersifat anti-inflamasi, madu memiliki fungsi antiseptik, protein susu dan lemak untuk mendinginkan dan melembapkan kulit yang terbakar, dan lidah buaya mematikan rasa sakit. Saran ini diberikan oleh ahli kulit dari New York, Doris Day, MD.

9. Mengobati diare

Oralit atau campuran gula dan garam mungkin sudah tidak asing lagi untuk mengatasi diare. Tapi tahukah kamu, kamu juga bisa menggunakan secangkir teh chamomile panas. Chamomile memiliki efek antispasmodik untuk menghentikan kontraksi di usus bagian bawah, menurut Evangeline Lausier, MD, asisten profesor medis Duke Integrative Medicine in Durham, NC. (LT). Jadi, jika kamu terserang diare, minumlah secangkir teh chamomile panas.

Gimana masih ragu dengan khasiatnya? Segala sesuatu harus berdasarkan kepercayaan. Tapi jika itu untuk pengobatan selama tidak berefek buruk kamu bisa mencobanya. Sebaiknya lakukan dan cobalah sesuatu dengan kepercayaan, karena rasa percaya akan kebaikan bisa membuat sugesti baik pula.

No comments:

Post a Comment